Kiat Jitu Mengerjakan Latihan Soal Bahasa Inggris Agar Hasilnya Memuaskan

Latihan soal bahasa Inggris merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari kita. Saat duduk di bangku sekolah, tentu saja Anda sudah beberapa kali mengerjakan  soal mata pelajaran bahasa Inggris. Entah itu pada ulangan harian, ujian kenaikan kelas, atau kelulusan.
Bagi yang sudah jago berbahasa Inggris, mengerjakan soal latihan tentu adalah hal yang mudah. Namun, bagi yang masih proses belajar, soal berbahasa Inggris mungkin saja akan terasa menakutkan. Jika terus fokus pada ketakutan tersebut, tentu saja nilai yang didapatkan justru akan jelek. Untuk itu, Anda perlu tahu kiat mengerjakan soal bahasa Inggris.

 

Cara Mengerjakan Latihan Soal Bahasa Inggris 

Tak hanya saat duduk di bangku sekolah, latihan soal bahasa Inggris juga kerap dikerjakan saat persiapan masuk kampus atau dunia kerja. Kemampuan berbahasa Inggris biasanya memang menjadi salah satu persyaratan untuk masuk ke universitas atau perusahaan luar negeri. Ini dia beberapa tips atau cara mengerjakan soal berbahasa Inggris dengan mudah:

 

1. Kuasai Dasar-dasar Bahasa Inggris Terlebih Dahulu

Sebelum mengerjakan latihan soal bahasa Inggris, pastikan Anda sudah mengetahui dasar-dasarnya terlebih dahulu. Mulai dari kosakata, tenses, kata ganti, atau lainnya. Dengan mempelajari dasar-dasarnya, Anda akan lebih mudah dalam mengerjakan latihan soalnya.
Anda tidak perlu mengetahui keseluruhan arti dari kalimatnya. Jika sudah mengetahui arti dari beberapa katanya, Anda bisa menafsirkan sendiri maknanya. Jadi, jika belum mahir bahasa Inggris, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan nilai yang bagus.

 

2. Belajar Secara Rajin

Saat akan memasuki waktu ujian, sangat disarankan untuk mengulangi kembali materi-materi yang pernah dipelajari sebelumnya. Jangan belajar dengan sistem kebut semalam karena akan membuat Anda merasa kewalahan. Agar pemahaman lebih mendalam, belajarlah sedikit-sedikit namun rutin setiap hari.

 

3. Pahami Petunjuk

Saat akan mengerjakan soal bahasa Inggris, di bagian depannya pasti sudah tercantum petunjuk pengerjaannya. Biasanya pengawas ruang juga akan membacakan dan menjelaskan kembali petunjuk pengerjaan tersebut.
Apabila ujian bahasa Inggris yang akan dikerjakan terdapat bagian listening-nya, maka soal-soalnya akan diletakkan di awal. Terlebih dahulu bacalah dan pahami petunjuk tersebut. Jangan sampai Anda mengulangi lagi membacanya di tengah-tengah sedang mengerjakan karena akan menyita waktu.
Kemudian saat soal listening sudah diputar, simaklah secara saksama. Biasanya soal listening hanya bisa diulangi sebanyak dua atau tiga kali saja. Jika perlu, catatlah bagian yang dianggap penting agar tidak lupa. Bacalah dulu pilihan jawaban yang tersedia agar Anda tahu apa yang harus dicari dalam percakapan dalam ujian listening.

READ  10 Idiom dan Frasa Penting dalam Bahasa Inggris Bisnis

 

4. Baca dengan Cepat

Setelah listening, ada bagian reading yang menyambut Anda dengan berbagai teks panjang berbahasa Inggris. Anda harus membaca teks-teks tersebut secara teliti agar bisa menjawab soal dengan benar. Dalam membaca pun juga ada trik yang perlu dipraktikkan agar lebih efektif.
Meskipun soal teks bisa dibaca berulang kali, Anda tidak boleh lupa kalau waktu untuk mengerjakannya terbatas. Untuk itu, usahakan membaca soal dengan cepat atau skimming. Sehingga Anda bisa memahami pokok gagasan yang ada di dalam teks tersebut dengan waktu singkat.
Ide pokok teks biasanya terletak di paragraf pertama atau terakhir. Apabila ternyata informasi yang dibutuhkan tidak ditemukan dalam dua paragraf tersebut, baru Anda bisa membaca teks di bagian tengahnya.

 

5. Tebak Kata yang Belum Dipahami

Dalam latihan soal bahasa Inggris pasti terdapat kata-kata atau vocabulary yang belum Anda ketahui artinya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengakali untuk menjawabnya. Anda menebak arti kata tersebut dengan memahami konteks kalimatnya terlebih dahulu.
Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemahaman terkait kalimat tersebut. Coba sesuaikan dengan kata-kata sebelum atau sesudahnya untuk menebak artinya.

 

6. Jawablah Sesuai Teks

Dalam bagian soal reading, Anda mungkin akan menemukan keterangan seperti “according to the text” atau sejenisnya. Itu berarti jawaban dari pertanyaan tersebut harus sesuai dengan teks yang sudah disediakan. Untuk kasus soal seperti itu, jangan pernah mencoba mengaitkannya dengan kehidupan nyata atau pengetahuan Anda sendiri.
Biasanya pertanyaan memang sengaja dibuat mengecoh agar peserta ujian merasa bingung. Misalnya teks tersebut mengatakan “A”, maka pastikan Anda juga menjawab “A”. Bahkan meskipun dalam kehidupan sehari-hari jawaban yang seharusnya adalah “B”, “C”, atau lainnya.

READ  Ikuti Kelas Persiapan TOEFL dan Ketahui Strategi Cepat Mengerjakan Soal

 

7. Lompati Soal yang Sulit

Saat mengerjakan latihan soal bahasa Inggris saat menemukan pertanyaan sulit atau membingungkan, jangan ragu untuk melewatinya. Jika Anda terus berfokus pada soal yang sulit tersebut, maka waktu akan terbuang sia-sia. Manfaatkan waktu untuk mengerjakan soal lain yang jelas-jelas lebih mudah.
Kemudian jika masih ada waktu tersisa, kembalilah ke soal yang sulit tadi untuk mencoba memahaminya lagi. Dengan begitu, semua soal yang mudah sudah terjawab lebih dulu secara maksimal.

 

8. Ikut Kursus Bahasa Inggris yang Berkualitas

Apabila Anda benar-benar ingin mendapatkan nilai yang maksimal dalam ujian, bergabunglah dengan kursus yang berkualitas.
Carilah kursus bahasa Inggris yang memberikan latihan soal agar Anda bisa mengetahui gambaran ujiannya. Selain itu, pastikan bahwa tutor di kursus tersebut benar-benar berpengalaman dan profesional.
Pertimbangkan juga biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti kursus. Pastikan bahwa bujet yang dimiliki cukup untuk membayar kursus agar Anda bisa mengikuti pembelajaran dengan tenang dan nyaman.

So, itulah beberapa kiat dalam mengerjakan latihan soal bahasa Inggris agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, dijamin nilai yang Anda dapatkan akan sesuai dengan harapan.

Share This Post
English Today

English Today

Bringing together the most passionate and experienced English Trainers throughout Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore
Scroll to Top
× Chat with us!