Conditionals

Apa pengertian conditionals dalam bahasa Inggris? Conditionals atau If clauses adalah kalimat yang digunakan untuk menceritakan atau memberitahukan mengenai akibat dari sesuatu yang kemungkinan terjadi (di masa depan dan masa sekarang) ataupun seharusnya terjadi di masa lalu.
Singkatnya, grammar ini digunakan untuk menjelaskan mengenai pengandaian.
Ada 5 tipe conditionals dalam bahasa Inggris yaitu:
  • Zero conditional

    Digunakan untuk menyatakan akibat atau hasil dari suatu tindakan yang telah terbukti secara ilmiah dan faktanya benar adanya.

    Contoh:
    If you mix red and yellow on your batik fabric, you get orange batik fabric.
    Jika anda mencampurkan warna merah dan kuning pada kain batik, maka anda akan mendapatkan kain batik bewarna oranye.

    {Kalimat ini menunjukkan sebuah fakta apabila anda mencampur warna merah dengan kuning,maka akan menghasilkan warna oranye}

  • First Conditional:

    Digunakan untuk menyatakan hasil atau kemungkinan dari suatu kejadian atau aktivitas di masa sekarang di masa yang akan datang.

    Contoh:
    If it rains, we won’t go to Braga street.
    Apabila turun hujan, kami tidak akan pergi ke Jalan Braga

  • Second Conditional:

    Digunakan untuk menyatakan pengandaian mengenai situasi atau keadaan di masa sekarang.

    Contoh:
    If I won a 6-billion rupiah raffle, I would buy a house in Pondok Indah
    Jika saya memenangkan undian senilai 6 milyar rupiah, saya akan membeli sebuah rumah di Pondok Indah

    {Dalam kalimat ini, si pelaku tidak memenangkan undian tersebut}

  • Third conditional:

    Digunakan untuk  menerangkan pengandaian kejadian atau aktivitas dan hasilnya di masa lalu.

    Dengan kata lain, pengandaian tipe ketiga ini sering digunakan untuk menyatakan penyesalan dan adanya keinginan untuk dapat merubah masa lalu,dimana yang kita ketahui hal tersebut tidaklah mungkin:

    Contoh:
    If I had studied for the English exam on last Wednesday, I wouldn’t have got bad mark yesterday.
    Jika saya telah belajar sebelum ujian bahasa Inggris pada Rabu kemarin,saya tidak akan mendapatkan nilai ujian bahasa Inggris yang kurang memuaskan

    (Kenyataannya,si pelaku tidak belajar sebelum ujian bahasa Inggris yang jatuh pada hari Rabu minggu lalu sehingga kemarin dirinya menyesal dan mendapatkan nilai ujian bahasa Inggris yang kurang memuaskan)

  • Mixed Conditionals

    Mixed conditionals digunakan untuk menjelaskan pengandaian terhadap suatu kejadian di masa lalu dan dampaknya dirasakan sekarang. Dengan kata lain, mengharapkan hasil yang berbeda di masa sekarang apabila si pelaku merubah suatu tindakan di masa lalu.

    Contoh:
    If I had learnt English, I would get more opportunity now.
    Jika saya belajar bahasa Inggris di masa lalu,saya akan mendapatkan lebih banyak peluang sekarang.

    {Pada kenyataannya, si pelaku tidak mempelajari bahasa Inggris di masa lalu dan tidak memiliki banyak peluang sekarang}

Mau tau lebih lanjut mengenai contoh gramma bahasa Inggris aplikatif lainnya? Atau tertarik untuk langsung mempraktikan pengetahuan ini bersama ahlinya? Daftarkan diri anda sekarang juga dalam program pembelajaran bahasa Inggris bersama English Today Indonesia.
Setelahmembahasfungsidarimasing-masing conditionals, berikutini kami senanguntukmembagikanrumusdarimasing-masingtipe conditional:

Zero conditional

If + V1(s/es)……….. V1(s/es)

Second conditional

If + V2…… Would+V1

Third conditional

If +Had+V3……Would+Have+V3

Mixed conditional

If+Had+V3………Would+V1

Itulah penjelasan,contoh,rumus dan penggunaan dari conditionals dalam bahasa Inggris. Ingin tau lebih lanjut mengenai materi bahasa Inggris yang aplikatif dan mudah dipahami? Nantikan postingan kami yang selanjutnya. Untuk pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan menggunakan metode revolusioner, jangan ragu untuk bergabung bersama kami di English Today Indonesia hari ini juga.

6 Tips for Mastering English

With countries becoming more multicultural, the desire and need to speak English has never been this big. However, while many people want to speak English, traditional teaching methods make people lose faith and the majority give up even before trying because the process is long, tedious and difficult. Learning English doesn’t have to be like that!
Read more
  • grammar inggris contohnya

Compounds

  • grammar inggris contohnya

Collocations

  • Belajar Bahasa Inggris Online

Phrasal Verbs

English online course

2019-01-13T17:53:31+00:00

About the Author:

Seorang guru yang pengertian,berdedikasi tinggi dan bersemangat untuk mengajarkan bahasa Inggris bisnis. Selama lebih dari 3 tahun kariernya,Yustika telah memperoleh banyak pengalaman dalam memotivasi,menanamkan minat belajar dan memberi pemahaman kepada siswa terhadap bahasa Inggris. Saat ini,ia mengajar Business Report Writing bersama English Today,dimana bersama-sama dengan puluhan guru bahasa Inggris lainnya terus bersemangat untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam kepada para peserta didik mengenai bahasa Inggris. Yustika selalu berusaha menggunakan metode-metode mengajar yang interaktif dan menyenangkan. Baginya,menciptakan suasana belajar yang nyaman,hangat dan akrab bagi para peserta didik terbukti mampu meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris para muridnya. Tidak hanya itu saja,materi pelajaran yang disampaikan secara ringan,santai namun tetap serius juga akan mampu membuat murid lebih mudah untuk memahami dan mengingat pelajaran dengan lebih baik. Evaluasi diri dan evaluasi kemampuan murid pun senantiasa dilakukannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Inggris dan juga meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan bahasa Inggris bagi para peserta didiknya.