Guru Bahasa Inggris Bangka Belitung, Mr Daniel

Taukah anda bahwa hasil indeks dari EF yang diterbitkan pada November 2016,menunjukan bahwa Indonesia termasuk sebagai negara yang memiliki tingkat kemampuan bahasa Inggris yang rendah?Lalu seperti apakah usaha yang dilakukan oleh para guru bahasa Inggris khususnya guru bahasa Inggris di Balikpapan berikut ini untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi para peserta didiknya?
Berikut ini mari kita hasil wawancara tim English Today Balikpapan bersama pak Daniel,seorang pengajar bahasa Inggris . “Saya telah berpengalaman mengajar bahasa Inggris selama kurang lebih 5 tahun. Sejak saya remaja,saya senang belajar bahasa Inggris dan ingin membuat orang lain tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris seperti saya dan saya senang membantu teman-teman saya yang memiliki kesulitan dalam pelajaran bahasa Inggris.”
Setelah tamat SMA,beliau  melanjutkan studi di Mohawk University,Kanada dan berhasil lulus dengan nilai IPK yang tinggi. Setelah dirinya menamatkan kuliah,ia sempat mencoba peruntungannya di dalam dunia bisnis namun upaya tersebut belum  berhasil. “Setelah itu,saya pun teringat akan semangat yang saya miliki untuk mengajar dan membagikan ilmu kepada orang lain khususnya di bidang Bahasa Inggris dan akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti ujian sertifikasi CELTA (Certificate in English Language Teaching to Adults) dan memulai karir saya sebagai tenaga pengajar bahasa Inggris.
“Saya dengar ,sebelum anda bergabung bersama English Today Balikpapan,anda mengajar di EF Balikpapan? Dan apa yang membuat anda tertarik untuk bergabung bersama kami?”
“Ya,saya dulu sempat menjadi anggota badan koordinator pengajar EF Balikpapan. Saya memutuskan untuk bergabung di sini karena saya ingin mendapatkan pengalaman berbeda yaitu dengan mengajar karyawan di berbagai perusahaan dan selain itu,jam kerjanya juga fleksibel. Itulah yang membuat saya tertarik.”
Sebagaimana kendala dan tantangan yang dihadapi oleh para tenaga pengajar bahasa Inggris di Indonesia pada umumnya,pak Daniel juga harus berhadapan dengan para peserta didik yang memiliki kemampuan yang terbatas dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Dan untuk mengatasi hal tersebut,dirinya berupaya untuk memberikan contoh yang realitis mengenai  percakapan sehari-hari dan juga memberikan para peserta didik beberapa kosakata yang lazim digunakan dalam percakapan tersebut. “Melalui metode ini,para murid akan lebih percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris  dan akan lebih mudah untuk memahami. Karena saya yakin bahwa learning by doing adalah metode paling efektif dalam meningkatkan kemampuan interaksi siswa menggunakan bahasa Inggris.”
Sementara,untuk menangani perbedaan tingkat kemampuan bahasa Inggris siswa di dalam satu kelas,Pak Daniel sering menggunakan metode “peer teaching” dimana siswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik akan membantu teman-teman sekelas mereka yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris di bawah mereka. “Melalui teknik ini,saya berharap para murid dapat memahami bahwa hal yang terpenting dalam belajar bahasa Inggris bukanlah siapa yang memiliki kemampuan yang terbaik akan tetapi lebih kepada bagaimana yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi dapat membantu teman-teman mereka untuk memiliki kemampuan yang setara dengan mereka.” pungkasnya.
Kursus Bahasa Inggris Balikpapan

Facebook Comments

comments

2018-11-13T14:16:13+00:00

About the Author: